Olahraga

Euro 2024: Bravo! Campeón de España

Quotation:

Semua orang tahu Spanyol memiliki banyak trofi juara di turnamen sepak bola termasuk Euro. Inggris? Kamu tahu kan? Jadi, Spanyol juara Euro lagi,” kata Carlito, supporter Spanyol

Berlin, SINARTIMUR.com – Bravo! Campeón de España. Ya, bravo! Spanyol juara. Tim Matador Spanyol mencatat diri sebagai tim terbaik di daratan Eropas setelaj keluar sebagai Juara Euro 2024.

Di grandfinal Spanyol mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 yang dimainkan di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2023) dini hari WIB.

Gelar juara ini sekaligus menahbiskan La Furia Roja sebagai negara pemegang gelar juara terbanyak Euro yakni empat kali. Spanyol sebelumnya juara Euro pada tahun 1968, 2008 dan 2012. Terbaru 2024.

Sementara kekalahan kali ini menambah rekor Inggris sebagai negara raksasa sepak bola Eropa yang belum pernah juara Euro.

Pertandingan final Euro 2024 berlangsung cukup ketat. Ini lantaran kedua tim sama-sama ngotot sejak peluit dibunyikan wasit.

 

Seperti direlay dari salah satu stasiun TV, pun demikian Spanyol mendominasi penguasaan bola di babak pertama. Tapi para striker Spanyol belum mampu mencetak gol karena Inggris mampu menampilkan pertahanan yang solid sehingga gawang Inggris yang dijaga Jordan Pickford tidak kebobolan pada 45 menit pertama.

Situasi berubah kala babak pertama baru berlangsung dua menit ketika Nico Williams merobek jala gawan Jordan. Spanyol unggul 1-0.

Spanyol tersentak dengan gol Cole Palmer pafa menit 73. Kedudukan menjadi 1-1.

Setelah gol Palmer, tensi pertandingan makin tinggi. Spanyol mencoba meningkaytkan serangan, demikian pula Inggris pun terus menggempur pertahanan Matador.

Tim Spanyol dan ribuan supporter fanatik tersenyum ketika Mikel Oyarzabal berhasil mencetak gol pada menit 86. Seisi Satdion pun bergemuruh menyambut Mikel. Sementara di kubu Inggris, mulai panik karena waktu normal tigal 4 menit. Namun Inggris tidak menyerah begitu saja. Sisa waktu dimanfaat menggempur pertahanan lawan. Inggris nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-89 lewat set piece sepak pojok yang dilepaskan oleh Cole Palmer. Sundulan Declan Rice bisa diblok oleh Unai Simon.

Bola liar lalu bisa disundul Marc Guehi ke arah gawang. Di saat bola akan melewati garis, Dani Olmo berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola dengan kepalanya. Bola kembali mengarah ke Declan Rice, tetapi sundulannya kali ini membuat bola melayang di atas gawang.

Kedudukan 2-1 bertahan hingga pertandingan berakhir. Spanyol pun juara.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button