Politik

Pendangkalan Saluran Irigasi: Sugawa Korry Apresiasi Respon Cepat BWS Bali

Quotation:

Tahap pertama pengerukan pendangkalan saluran irigasi akan dituntaskan sepanjang 7 sampai dengan 8 km sampai dengan Desember 2024, di harapkan bisa selesai semua di tahun 2025,” ucap Sugawa Korry.

Seririt, SINARTIMUR.com – Ternyata DR NyomanSugawa Korry, SE, MM, Ak, CA, Wakil Ketua DPRD Bali, memiliki strategi dan cara jitu dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Saat menghadiri piodalan di Pura Desa Adat Tegallengga pada hari purnama 20 Juli 2024 lalu, Sugawa Korry mendapat sejumlah keluhan dari krama subak setempat tentang pendangkalan saluran irigasi di kawasan itu akibat sedimentasi.

Pendangkalan saluran irigasi ini berdampak terhadap sekitar 200 ha sawah atau sekitar 400 kk petani yang tidak bisa menanam padi secara maksimal, kalau dulu bisa tiga kali panen, sekarang hanya bisa sekali saja.

Calon Bupati Buleleng dari Partai Golkar ini pun langsung melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait baik di Kabupaten Buleleng maupaun di Provinsi Bali, termasuk BWS Bali-Penida.

Untuk lebih memantapkan koordinasi, Selasa (30/7/2024) Sugawa Korry dalam kunker ke Seririt langsung mengadakan pertemuan dengan seluruh komponen terkait yang dilaksanakan di Kantor Camat Seririt. Pertemuan itu dihadiri oleh kelian-kelian subak dan beberapa perbekel yang subaknya terdampak, Camat Seririt, Kadis Pertanian Buleleng, PUPR Provinsi dan BWS Bali.

 

Banyak hal yang muncul dalam diskusi tersebut, seperti masalah sampah yg masuk ke saluran irigasi dan sawah-sawah, Cek Dam Banjarasem yang terbengkalai sejak 7 tahun yang lalu, dampak galian C terhadap sidementasi saluran irigasi.

Dari diskusi yang transparan, tahap pertama pengerukan pendangkalan saluran irigasi akan dituntaskan sepanjang 7 sampai dengan 8 km sampai dengan Desember 2024, di harapkan bisa selesai semua di tahun 2025. Cek Dam Banjarasem agar segera ditangani dan diusulkan Tahun Anggaran 2025, karena ini mengakibatkan 80 ha sawah tidak teraliri air. “Galian C agar dilaksanakan pembinaan dan tindakan sesuai dengan ketentuan yang ada, diharapkan peran serta Satpol PP Kecamatan lebih dimaksimalkan,” tandas Sugawa Korry.

Kesimpulan diskusi tersebut membuat para kelian subak dan perbelel gembira dan berharap bisa ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button