Olahraga

Dojo Ziezoyuki Karate Academy Gelar Program Pembentukan Psikologis

Quotation:

Tentunya memberikan prestasi kepada perguruan yang baru INKADO. Jadi, kami mengembangkan perguruan INKADO berbasis dengan karakter dan psikologi atlet yang kami harapkan untuk bisa berprestasi tinggi nanti,” urai Dr Yogi.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) digelar Program Pembentukan Psikologis dan Penguatan Resiliensi Karakter Melalui Teknik Visualisasu Dalam Upaya Peningkatan Konsentrasi dan Kekuataan Mental Pada Cabang Olahrga Karate.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dojo Ziezoyuki Karate Academy Minggu (4/8/2024) dengan menghadirkan pakar psikologi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Dewa Ayu Puteri Handayani, S.Psi, M.Sc.

Ketua Dojo Ziezoyuki Karate Academy, Dr Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd, M.Pd, AIFO-P Dan IV Karate, usai kegiatan itu kepada wartawan menjelaskan, “Kegiatan yang dilakukan hari ini adalah membentuk psikologis dan penguatan karakter pada atlet kami Dojo Ziezoyuki Karate Academy. Jadi, kegiatan ini adalah bekal untuk proses ke depannya yaitu membentuk karakter bagi atlet di saat melakukan kehidupan sehari-hari, baik itu melakukan proses latihan, persiapan pertandingan bahkan kehidupan sehari-hari di rumah.”

“Karakter adalah modal utama bagi atlet untuk bisa meningkatkan semua tindak lanjut dalam berhubungan kehidupan sosial para atlet. Barangtentu kami di Dojo itu ingin meraih prestasi yang maksimal,” papar Dr Yogi.

Hal ini, kata Dr Yogi, sudah terbukti pada dua kali penyelenggaraan Porprov Bali yang lalu. Tim Karate Buleleng dua kali meraih juara umum pada dua kali penyelenggaraan pesta olahraga dua tahunan di Bali itu. “Dengan masa pembentukan karakter ini, saya ingin melahirkan bibit-bibit karateka pada usia dini, junior bahkan senior nanti untuk ke depannya di Buleleng sampai ke nasional lagi,” jelas Dr Yogi.

 

Pada kesempatan itu, Dr Yogi juga menceritakan bahwa saat ini dirinya sedang mengembangkan satu perguruan karate yang baru masuk di wilayah Bali yakni INKADO (Indonesia Karate-do). “Tentunya memberikan prestasi kepada perguruan yang baru INKADO. Jadi, kami mengembangkan perguruan INKADO berbasis dengan karakter dan psikologi atlet yang kami harapkan untuk bisa berprestasi tinggi nanti,” urai Dr Yogi lagi.

Dr Yogi menyebutkan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak dua kali yakni yang pertama pada tanggal 14 Juli 2024 lalu sekaligus UKT (ujian Kenaikan tingkat INKADO), pesertanya 80 orang yang kesemuanya INKADO Buleleng. Yang kedua Minggu tanggal 4 Agustus 2024 dengan mendatangkan narasumber dari Undiksha yakni pakar psikologi Dewa Ayu Puteri Handayani, S.Psi, M.Sc. “Yang kedua ini pesertanya 35 atlet yang kami siapkan kegiatan ke depannya,” tambah Dr Yogi.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button