Nasional

HUT RI 2024: Tradisi, Buleleng Gelar Lomba Gerak Jalan 45 Km

Quotation:

Wujud Semangat Buleleng Berbangga Untuk Nusantara,” ucap Pj Bupati Buleleng Lihadnyana.

Celukan Bawang, SINARTIMUR.com

– Buleleng masih mempertahankan tradisi khas Buleleng di setiap peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni Lomba Gerak Jalan 45 Km.

Lomba Gerak Jalan 45 Km ini menjadi tradisi Buleleng setiap tahun karena lomba ini agak jarang dilaksanakan di kabupaten dan kota lain di Bali.

Nah, tahun ini Lomba Gerak Jalan 45 Km yang kembali mengambil garis start di Lapangan Celukan Bawang itu cukup meriah.

Kehadiran Pj Bupati Buleleng di acara itu membuat semangat membara tercermin pada setiap peserta saat Pj Bupati Buleleng melepas Lomba Gerak Jalan 45 Km Dewasa Putra memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

 

Pasalnya meski ada agenda di Jakarta untuk menerima penghargaan, namun beliau lebih mementingkan hadir pada Lomba Gerak Jalan 45 Km yang menjadi agenda rutin di Buleleng.

“Saya lebih baik hadir disini, saya merasa bangga dengan semangat peserta gerak jalan, semangat masyarakat Buleleng sebagai wujud jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui lomba gerak jalan 45 Km dewasa putra ini,” ucap Pj Bupati Lihadnyana sebelum melepas peserta gerak jalan di Lapangan Umum Desa Celukan Bawang, Sabtu (10/8/2024).

Pj Bupati Lihadnyana mengaku alasan memilih subtema “Buleleng Berbangga untuk Nusantara” dari tema HUT ke-79 RI yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” karena masyarakat Buleleng patut berbangga banyak prestasi sudah diraih atlet-atlet maupun pemuda asal Buleleng baik nasional maupun internasional.

”Setelah 8 tahun menunggu kita punya wakil Paskibraka di Jakarta, atlet panjat tebing yang berlaga di Olimpiade Paris. Luar biasa. Itulah sebabnya saya membuat tagline “Kita Patut Berbangga untuk Nusantara yang Kita Cintai.” setuju atau tidak? jawab yang di belakang, setuju kita bangga jadi orang Buleleng,” ucapnya penuh semangat.

Di pengujung sambutan, Pj Bupati Lihadnyana memohon maaf kepada masyarakat, atas ketidaklancaran arus lalu lintas karena kegiatan ini. Ini semua bentuk kebersamaan dan euforia masyarakat Buleleng. “Mudah-mudahan kepada seluruh peserta, semuanya bisa mencapai garis finish dengan selamat dan bisa menyajikan yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu dalam laporannya Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga selaku ketua panitia menyampaikan hadiah total yang disediakan sebesar Rp 110 juta dengan peserta 21 regu ditambah 7 regu dari unsur TNI dan Polri, sehingga total peserta 28 regu.

“Juara I memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 50.000.000, juara II memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 35.000.000, juara III memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 25.000.000, juara harapan I memperoleh piagam, juara harapan II memperoleh piagam, juara harapan III memperoleh piagam,” sebutnya.

Rute yang dilalui yaitu START : Lapangan Sepak Bola Celukan Bawang – Jl. Pintu Gerbang Masuk Pelabuhan Celukan Bawang – Desa Tinga – Tinga – Desa Celukan Bawang – Br. Tegal Lenga – Desa Br Asem – Desa Yeh Anakan – Desa Ume Anyar – Finish Lapangan Umum Seririt – Start Etape I : Lapangan Umum Seririt – Desa Sulanyah – Desa Tangguwisia – Desa Kalianget – Desa Banjar – Desa Dencarik – Desa Temukus – Desa Kaliasem – Finish Etape II Patung Lumba – Lumba Pantai Lovina Desa Kalibukbuk – Start Etape II : Depan Lapangan Voli Pantai Lovina Desa Kalibukbuk – Desa Anturan – Desa Tukad Mungga – JL. A. Yani – JL. Sudirman – Jl. Pahlawan – JL. Veteran – Jl. Gajah Mada – Jl. Dr. Sutomo – Jl. A. Ayani – Jl. Kartini – Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Finish Di Depan Air Mancur Taman Kota Singaraja.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button