Politik

Parlementaria: Pelantikan Anggota DPRD Buleleng 2024-2029 Habiskan Rp 158 Juta

Quotation:

Kami upayakan pelantikan itu semeriah mungkin,” ucap Sandhiyasa.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buleleng periode 2024-2029 rencanakan akan dilantik Kamis (15/8/2024) di Gedung DPRd Buleleng di Jalan Veteran No 2 Singaraja.

Berapa anggaran yang dihabiskan untuk pelantikan itu? Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD (Sekwan) Buleleng, I Gede Sandhiyasa mengungkapkan bahwa Sekretariat DPRD (Setwan) Buleleng menganggarkan dana sebesar Rp 158 juta untuk acara pelantikan anggota dewan periode 2024-2029.

Sandhiyasa menjelaskan, sejumlah persiapan sudah dilakukan Sekretariat DPRD Buleleng menjelang pelantikan para wakil rakyat itu, mulai dari rapat internal hingga koordinasi ke provinsi.

Kata diam Sekretariat DPRD Buleleng juga sudah mengundang anggota dewan yang baru, guna mengetahui terkait dengan persiapan pelantikan dan kelengkapannya. Termasuk dengan administrasi pengusulan gaji, yaitu KK, KTP, dan NPWP.

Sandhiyasa menguraikan bahwa bila total anggaran ratusan juta itu terbagi dalam beberapa pos anggaran belanja. Mulai dari Rp 6 juta untuk mejaya-jaya, Rp 89 juta untuk sarana dan prasarana, hingga Rp 63 juta untuk makan dan minum. Anggaran total Rp 158 juta itu untuk mengakomodasi baik anggota dewan lama maupun baru beserta undangan lainnya.

 

”Untuk masing-masing anggota dewan terdiri dari istri dan dua anak. Juga kepala OPD hingga perbekel. Kurang lebih ada 400 undangan,” jelas Sandhiyasa, Selasa (13/8/2024).

Terkait dengan persiapan lainnya, Sandhiyasa mengatakan bahwa pihaknya juga menyiapkan dua videotron yang berlokasi di luar gedung dan ruang rapat gabungan.

Sementara untuk parkir ada di empat lokasi yakni Kantor DPRD Buleleng, halaman Kantor Bupati Buleleng, Rumah Jabatan Bupati Buleleng, dan Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja. ”Kami upayakan pelantikan itu semeriah mungkin,” sambung Sandhiyasa.

Merinci jumlah anggota dewan per parpol, Sandhiyasa menyebutkan bahwa
PDIP masih menjadi pemenang dalam Pemilihan Legislatif 2024. 18 kursi didapat PDIP, 11 kursi didapatkan partai Golkar, enam kursi didapatkan partai NasDem, empat kursi yang didapatkan partai Gerindra, tiga kursi partai Demokrat, dua kursi untuk partai Hanura, dan satu kursi untuk PKB.

Anggota DPRD Buleleng periode 2024-2029 terdiri dari 45 orang. Dari jumlah tersebut 33 orang merupakan wajah lama, sedangkan 12 lainnya merupakan wajah baru. Para pendatang baru ini berasal dari PDIP (5 orang), Golkar (4 orang), NasDem (2 orang), dan Demokrat (1 orang).

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button