Politik

SPECIAL PAGE FOR MULIA-PAS: Putu Agus Suradnyana – Pengusaha Jadi Politisi, Kini Incar Kursi Bali 2

Quotation:

Kariernya yang cemerlang dan dedikasinya pada masyarakat membuatnya menjadi salah satu tokoh yang diperhitungkan dalam ranah politik dan ekonomi Bali.”

Singaraja, SINARTIMUR.com – Publik Bali terhentak dengan gerakan politik tokoh ternama Bali Putu Agus Suradnyana, ST, dalam proses perhelatan Pemilukada Bali 2024.

Tokoh yang sebelumnya adalah figur andalan PDI Perjuangan dalam setiap perhelatan politik membuat peta poitik di Bali berputar 180 derajat jelang Pemilukada Bali 2024.

Putu Agus Suradnyana, adalah Bupati Buleleng dua periode yakni 2012-2017 dan 2017-2022 dan juga Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng menoreh sejarah dalam catatan politik di Pulau Dewata.

Dengan penuh percaya diri dan penuh keyakinan, Putu Agus Suradnyana juga adalah seorang pengusaha ternama di Bali itu, maju dalam Pemilukada Bali sebagai Cawagub berpasangan dengan Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah yang direkomendasikan sebagai Cagub Bali yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

De Gadjah mengklaim bahwa pasangan MULIA-PAS mendapat dukungan penuh dari Presiden terpilih Prabowo Subianto, Presiden Jokowi, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani.

 

Kini Pasangan MULIA-PAS sudah menjadi pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Bali resmi terdaftar di KPU Bali yang akan berhadapan head-to-head dengan Pasangan dari PDI Perjuangan dan koalisinya, Wayan Koster dan Nyoman Giri Prasta.

Ada ungkapan menyatakan “tak kenal maka tak sayang”, oleh karena itu redaksi mengajak para pembaca yang budiman untuk mengenal tokoh murah senyum ini, Putu Agus Suradnyana.

Putu Agus Suradnyana lahir pada 4 Agustus 1963 di Singaraja, Bali. Putu Agus dibesarkan dalam keluarga yang mengutamakan pendidikan dan disiplin. Ayahnya, seorang guru SMA, menanamkan nilai-nilai pantang menyerah yang kemudian membantu Putu Agus meniti karier dari bawah hingga mencapai puncak sebagai kepala daerah.

Pendidikan dan Karier:
• Mengawali pendidikan di SD Mutiara Singaraja, SMP Negeri 1 Klungkung, dan SMA Negeri 1 Denpasar, Agus melanjutkan studinya di Fakultas Teknik Universitas Udayana dan Universitas Dwijendra. Ia juga meraih gelar Magister Ekonomi Pembangunan dari Universitas Udayana.

• Sebelum menjabat sebagai Bupati, Putu Agus Suradnyana pernah memimpin Komisi III DPRD Bali, memperkuat kiprahnya di bidang infrastruktur dan legislasi.

Sebagai pengusaha, Putu Agus Suradnyana memiliki beberapa kerajaan bisnis. Putu Agus Suradnyana sebagai Komisaris Utama Bali Utama Grup, PT. Khrisna Bali Utama, dan PT. Nadia Kencana (Mai Bus Transport).

Kerajaan bisnis-bisnis ini berfokus pada pariwisata dan transportasi, sektor-sektor vital di Bali.

Keluarga:
Putu Agus Suradnyana menikah dengan I Gusti Ayu Aries Sujati, dan bersama-sama mereka mendukung berbagai inisiatif pembangunan di Buleleng. Sebagai seorang penganut agama Hindu yang taat, Putu Agus Suradnyana juga aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan dan sosial di Bali.

Dengan latar belakang yang kuat, baik di dunia politik maupun bisnis, Putu Agus Suradnyana terus menjadi figur penting yang berkontribusi pada kemajuan Bali, khususnya di Buleleng.

Sebagai contoh teranyar, Putu Agus Suradnyana mendirikan Grand Villandra Resort di kawasan wisata Lovina persisnya di Desa Tukadmungga. Dalam sebuah percakapan dengan media ini, Putu Agus Suradnyana menceritakan bahwa dirinya membangun Grand Villandra Resort karena terobsesi kualitas fasilitas perhotelan di Nusa Dua. Grand Villandra Resort memiliki sebuah ballroom besar yang selevel denhan ballroom yang dimiliki hotel-hotel bintang lima Nusa Dua yang biasa dipakai untuk event-event internasional seperti KTT dan sejenis.

Sebab, Putu Agus Suradnyana sebagai orang Buleleng tidak ingin meliha Buleleng selalu kalah fasilitas bertaraf internasional dari dari Nusa Dua. Itulah salah satu kontribusi riil tokoh yang memiliki jiwa sosial besar itu.

Kariernya yang cemerlang dan dedikasinya pada masyarakat membuatnya menjadi salah satu tokoh yang diperhitungkan dalam ranah politik dan ekonomi Bali.

Sebagai seorang pengusaha yang insting bisnisnya tinggi, tampaknya jeli membaca peluang politik dalam perebutan kekuasaan di Bali. Maka Putu Agus Suradnyana yang seorang pengusaha papan atas Bali, merambar ke dunia politik dengan berbagai jabatan elit dan prestasi, kini Putu Agus Suradnyana mengincar kursi Bali 2 alias kursi Wakil Gubernur Bali. Semoga sukses!

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button