Pariwisata

Akankah Objek Wisata akan Dibuka Bulan September 2021?

Denpasar, SINARTIMUR.com – Penurunan level PPKM dari level 4 ke level 3 di wilayah Bali dan Jawa menyusul berkurangnya jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 hingga 78% sejak 15 Juni lalu yang mencapai puncak tertinggi.Dengan berorientasi pada data di atas serta situasi perekonomian warga yang kian parah,maka tak heran jika banyak kalangan yang berharap segera dibukanya keran-keran perekonomian demi memenuhi kebutuhan hidup.

Salah satunya yaitu objek-objek wisata yang ditutup operasionalnya sejak pemberlakuan PPKM beberapa lalu. Seperti misalnya objek wisata Sangeh.

Desa Adat Sangeh yang memiliki dua destinasi wisata,yakni Objek Wisata Sangeh dengan satwa kera dan hutan pala yang homogen dan menakjubkan, dan oyek wisata Taman Mumbul Sangeh dengan Penglukatan Pancoran Solas Tirta Taman Mumbul dan keindahan pemandangan alam tebing dan bebengan( danau kecil) dengan ratusan ikan hiasnya betul- betul tertutup rapat untuk pengunjung, bahkan untuk warga yang melukat sekalipun.

Saat awak media menemui I Made Sumohon,Ketua Pengelola Objek Wisata Sangeh,dia sangat berharap agar bulan depan sudah dibuka.

“Ya,harapan kita selaku pengelola dan juga harapan masyarakat yang peduli agar obyek kita bisa dibuka bulan depan.Dan kalau PPKM diperpanjang lagi Bulan September,kami akan berkoordinasi dengan Bendesa,Polsek dan juga pihak terkait ya,paling tidak diizinkan dibuka untuk foto Pra-Wedding biar ada masukan meskipun sedikit. Toh orang Pra-Wedding tidak bikin kerumunan karena tidak melibatkan banyak orang serta tetap bisa menjaga prokes,”terang Sumohon.

Sementara Pj.Bendesa Adat Sangeh,I Gusti Bagus Adi Wiputra mengajak masyarakat untuk bersabar dan mendukung pemerintah dalam upaya penurunan angka Covid-19 di Bali.

“Titiang sudah banyak dapat usulan dari warga maupun lewat Medsos mengenai pembukaan kembali objek wisata kita di Sangeh dan Titiang berterima kasih sekali.Namun mari kita tunggu sampai akhir bulan ini dan tetap dukung program pemerintah agar angka Covid-19 di Bali terus menurun dan Bali bebas dari pandemi ini.Titiang tetap akan berkoordinasi dengan pihak terkait,namun masalahnya kalau di Sangeh diizinkan,maka tempat lain pasti akan minta hal yang sama,”pungkas Adi Wiputra.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Bali,Putu Astawa yang dihubungi awak media belum berani berkomentar banyak.”Kami maklum dengan situasi yang tengah kita alami saat ini.Namun kami tidak berani melangkahi aturan dari pusat dan tetap mentaati instruksi Mendagri.Jadi,sementara kita belum bisa buka pariwisata sampai ada instruksi lebih lanjut,”ucap Astawa. asa/frs/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: