Teknologi

Gandeng Perusahaan Start-Up, Pemkab Buleleng Bangun Ekosistem Digital K-UMKM

Quotation:

Aplikasi atau platform seperti Redy, Cardlez dan Genn dari Invelli akan membantu koperasi dan UMKM di Buleleng dalam tatakelola perusahaan dan pemasaran produk secara digital yang akan terintegrasi dengan toko online atau market place yang tentunya memperluas jangkauan pasarnya,” ungkap Kadis Dewa Sudiarta.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Buleleng, Bali, cukup cerdas, kreatif dan inovatif. Menyadari perkembangan dan peranan penting digitalisasi dalam memajukan usaha, maka Disperindagkop UMKM Buleleng berkolaborasi dengan Samsung Mobile dan PT. Invelli Solusindo meluncurkan ekosistem digital.

Ini dilakukan untuk memajukan usaha, memperkuat UKM dan Koperasi serta mendorong untuk bisa berdaya saing menuju Koperasi dan UMKM (K-UMKM) naik Kelas.

Peluncuran Ekosistem Digital digelar, Kamis (14/12/2023) di Gedung PLUT Singaraja langsung oleh Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM (DisdaperikopUKM) Dewa Made Sudiarta.

Dihadapan puluhan Koperasi dan UMKM serta mahasiswa yang mendapat pendampingan, Kadis Sudiarta menyampaikan ekosistem digital sangat berguna bagi tatakelola keuangan, usaha, laporan dan pengembangan koperasi dan UMKM melalui platform digital dari Perusahaan Invelli dengan berbagai aplikasi yang diberikan.

“Aplikasi atau platform seperti Redy, Cardlez dan Genn dari Invelli akan membantu koperasi dan UMKM di Buleleng dalam tatakelola perusahaan dan pemasaran produk secara digital yang akan terintegrasi dengan toko online atau market place yang tentunya memperluas jangkauan pasarnya,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut ujar Kadis Sudiarta bahwa rencananya dalam 2 bulan ini yang difasilitasi Samsung akan membangun Warung Kerja Digital (Warja Digital). Hal ini untuk percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM dan koperasi di Buleleng berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Kominfosanti.

“Secara online Warja Digital ini bisa membantu pengembangan usaha salah satunya mencari karyawan atau tenaga kerja seiring perkembangan dan penguatan perusahaan. Para pencari kerja tidak perlu membawa bendel banyak untuk melamar. Disini kita tinggal mengecek dan memvalidasi,” terangnya.

Untuk itu pihaknya mengundang total 190 koperasi dan UMKM selama 2 bulan ini untuk ujicoba Warja Digital agar paham cara kerja dalam aplikasi dan Samsung akan memberikan device-device untuk memasukkan produk-produk koperasi dan UMKM sehingga bisa dikenal lebih luas.

Ditambahkan, dari Invelli akan melakukan program pendampingan-pendampingan seperti pemasaran, kemasan, branding dan lain sebagainya dengan tujuan mewujudkan K-UMKM naik kelas dan go digital secara kolaboratif dan bersinergi.

Pada acara peluncuran ekosistem digital ini peserta akan berdiskusi dengan para founder start-up kemudian cara penggunaan aplikasi-aplikasi melalui smartphone. (frs)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button