Nasional

Harlah 1Juni 2024: PDIP Buleleng Gelar Apel Bendera

Quotation:

Vigrahasya Mama Dharmah” yang artinya “Perjuangan adalah Kewajibanku”. Disinilah kita kewajiban memperjuangkan nilai-nilai Pancasila, membumikan Pancasila” dimulai dari dalam diri kita,” ucap Dokter Caput.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Hari Lahir (Harlah) Pancasila tanggal 1 Juni 2024 juga dirayakan oleh para kader PDI Perjuangan di Kabupaten Buleleng.

Upacara bendera memperingati Harlah Pancasila digelar di halaman Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng di Jalan Raya Singaraja-Lovina tepatnya di wilayah Desa Pemaron, Singaraja, Bali. Seluruh pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng menghadiri acara tersebut. Ketua DPC PDI Perjuangan Putu Agus Suradnyana langsung menjadi instruktur upacara. Pada kesempatan itu, mantan Bupati Buleleng dua periode itu membacakan sambutan tertulis Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Usai apel bendera, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng bidang ideologi, DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara dan falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara.

“Seperti yang tadi telah disampaikan dalam amanatnya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Ibu Megawati bahwa Pancasila sudah menjadi dasar, fondasi kehidupan kita berbangsa dan bernegara. Jiwa kita juga Pancasila, sebingga kita maknai seperti Bahasa Sansekerta yang kita dengar “Vigrahasya Mama Dharmah” yang artinya “Perjuangan adalah Kewajibanku”. Disinilah kita kewajiban memperjuangkan nilai-nilai Pancasila, membumikan Pancasila” dimulai dari dalam diri kita,” ucap Dokter Caput.

Di tempat yang sama, dr I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, yang juga salah satu Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, menyatakan bahwa Pancasila merupakan alat perekat bangsa Indonesia.

 

“Setiap kali memperingati Hari Lahir Pancasila, kita diingatkan bahwa satu-satunya perekat bangsa Indonesia adalah Pancasila. Dan kita sebagai kader PDI Perjuangan turut wajib mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” tandas Sutjidra.

Usai mengikuti apel bendera Harlah Pancasila, Dokter Caput langsung menggelar kegiatan kemasyarakatan berupa Fogging di Banjar Dinas Abasan, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

“Sebenarnya inilah implemtasi dari Pancasila itu. Inti dari Pancasila itu adalah gotongroyong, karena dengan gotongroyong apapun bisa kta selesaikan. Kepedulian kita terhadap masyarakat, tanggap kita terhadap masalah-masalah yang ada di masyarakat, itu semuanya adalah implementasi dari Pancasila. Dan inilah yang harus terus dibumikan, terus digaungkan, sehingga nilai-nilai dari Pancasila yang hasil penggalian dari Bumi Pertiwi ini oleh Bapak kita Bung Karno ini harus kita jiwai sebagai dasar berkehidupan kita sehari-hari,” tandas Dokter Caput yang merupakan salah satu Calon Bupati Buleleng dari PDI Perjuangan itu.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button