Internasional

KTT G20: Presiden Jokowi Juga Undang Presiden FIFA dan Presiden IOC

Nusa Dua, SINARTIMUR.com – Cara berdiplomasi Presiden RI Joko Widodo memang luar biasa. Jokowi begitu cerdas dan brilian membangun komunikasi induk olahraga dunia IOC dan induk olahraga sepakbola FIFA.

Presiden kedua otoritas olahraga dunia itu diundang ikut hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Kedua petinggi itu diundang Presiden Jokowi tidak terlepas dari tragedy Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, beberapa waktu lalu. Itulah diplomasi high class yang dimainkan Jokowi agar citra olahraga terutama sepak bola bisa terangkat kembali.

Hebatnya Jokowi, kedua presiden otoritas olahraga dunia itu malah diberi kesempatan menyampaikan sambutan pada jamuan santap siang Rumah Bambu, Ocean Front Lawn, Hotel Apurva Kempinski, Bali, Selasa (15/11/2022), bukan para kepala negara atau kepala pemerintah tersohor seperti Presiden AS atau lainnya.

BPMI Setpres melansir, usai melakukan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Joko Widodo menjamu makan siang para pemimpin negara-negara G20 dan organisasi internasional.

Sebelum jamuan santap siang dimulai, tampak para pemimpin menyapa satu sama lain dan berbincang-bincang dalam suasana hangat dan cair. Presiden Jokowi sendiri tampak berbincang hangat dengan beberapa kepala delegasi, antara lain dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) yang duduk di kursi sebelahnya.

Tak lama berselang, tampak juga Kanselir Jerman Olaf Scholz bergabung dalam perbincangan tersebut. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kemudian juga menghampiri dan menyapa Presiden Jokowi.

“Yang Mulia, para pemimpin G20 yang terhormat, selamat datang di jamuan makan siang ini. Saat makan siang ini, saya memiliki dua tamu yang ingin saya undang untuk berbicara. Pertama, Presiden IOC, Mr. Thomas Bach, dan yang kedua, Presiden FIFA, Mr. Gianni Infantino,” ujar Presiden dalam sambutan pembukanya.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas keramahan Presiden Joko Widodo selaku tuan rumah G20. Thomas Bach juga memuji moto G20 Indonesia yang dinilainya selaras dengan motto baru Olimpiade.

“Saya memuji Presiden Jokowi karena memilih moto untuk acara puncak ini ‘Recover together, recover stronger’ yang selaras dengan moto Olimpiade baru kami ‘Faster, Higher, Stronger-Together’,” ungkap Thomas Bach.

Menurutnya, pandemi global telah memperjelas betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan fisik dan mental. Bahkan, lanjutnya, olahraga dapat menyelamatkan nyawa. “Inilah mengapa Komite Olimpiade Internasional dengan Organisasi Kesehatan Dunia mempromosikan masyarakat yang sehat dan tangguh melalui olahraga,” imbuhnya.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo mengundang Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino, untuk menyampaikan sambutannya. Gianni Infantino juga mengucapkan terima kasih atas jamuan makan siang oleh Presiden Jokowi.

“Terima kasih telah menjamu kami di negara Anda yang indah. Saya ingin berbicara kepada Anda tentang satu topik yang saya yakin Anda semua di sini akan setuju, sepak bola. Sepak bola benar-benar unik dan sepak bola menyatukan dunia,” ujar Gianni Infantino.

Presiden Jokowi pun setuju bahwa olahraga memiliki peran penting dalam kehidupan semua orang. Menutup sambutannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa olahraga tidak hanya menjadikan badan sehat, namun juga jiwa bahagia.
“Olahraga sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui olahraga, tidak hanya kita menjadi sehat, kita juga merasa lebih bahagia. Saya harus berhenti di sini. Selamat makan siang, terima kasih,” tutupnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam jamuan makan siang tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (frs)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: