Pendidikan

Kwarcab Pramuka Buleleng Gelar Kursus Mahir Lanjutan

Quotation:

Nantinya kakak-kakak sampai di pangkalan masing-masing atau di gudep masing-masing agar menyampaikan laporan kegiatan ini kepada ketua Mabigus untuk dibuatkan rencana tindak lanjut,” ucap Surya Bharata.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Peningkatan kualitas pembina pramuka di gugus depan menjadi hal penting yang harus dilakukan saat ini sehingga berbagai komponen di gugus depan atau sekolah harus mampu bergerak secara bersama utamanya para Kepala Sekolah sebagai Kamabigus. Salah satunya dengan melibatkan para Pembina pramuka melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).

Hal itu ditegaskan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata,S.Pd., MAP., Selasa (25/6/2024) saat membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML) di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja.

Surya Bharata yang juga Ketua Bina Muda di Kwarcab Buleleng menegaskan pentingnya kegiatan kepramukaan di satuan pendidikan untuk pengembangan anak didik didalam meningkatkan karakter, terlebih lagi gugus depan merupakan ujung tombak pembinaan sehingga harus mendapat perhatian para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus).

“Nantinya kakak-kakak sampai di pangkalan masing-masing atau di gudep masing-masing agar menyampaikan laporan kegiatan ini kepada ketua Mabigus untuk dibuatkan rencana tindak lanjut untuk nantinya bisa kegiatan kepramukaan berkesinambungan di masing-masing satuan pendidikan karena masing-masing satuan pendidikan wajib memiliki gugus depan ketika memiliki gugus depan berarti wajib ada fasilitasi Pembina pelatih,” tegas Sekdis Surya Bharata.

Pada bagian lain juga menekankan sinergi yang dilakukan secara berjenjang untuk membentuk Pembina pramuka yang mumpuni dan memiliki kemampuan melalui berbagai kegiatan kursus Pembina pramuka, baik di tingkat dasar hingga lanjutan.

 

“Begitu nantinya bersinergi dengan kwarcab buleleng, kwarran di masing-masing kecamatan untuk nantinya bisa memfasilitasi terlaksananya pembentukan Pembina Pembina Pramuka lebih lanjut dan harapan kami KML ini tidak hanya berhenti di tahun ini dan bisa nantinya berlanjut di tahun mendatang mudah-mudahan KMD bisa dilaksanakan secara mandiri dan KML nantinya bisa difasilitasi kwarcab secara berkesinambungan,” ucap Surya Bharata.

Sementara, Ketua Panitia KML Pusdiklatcab Pasupati Buleleng, Made Santika menyebutkan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng selalu berusaha meningkatkan mutu dan jumlah Pembina Pramuka yang akan melaksanakan tugas membina peserta didik di satuannya masing-masing khususnya Pembina Pramuka yang sudah berijazah KMD a gar selalu meningkatkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan dalam bentuk Kegiatan Kursus Mahir Lanjutan (KML) Khususnya Pembina Pramuka Penggalang dan Penegak.

“Kegiatan Kursus Mahir Lanjutan (KML) Pembina Pramuka Penggalang dan Penegak Kwartir Cabang Buleleng Tahun 2024 ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Kursus dengan Pola 70 Jam yang dilaksanakan selama 6 hari 5 malam dalam bentuk Perkemahan yang diikuti oleh 32 Peserta dari masing-masing Kwartir Ranting se-Cabang Buleleng dengan Narasumber Pelatih Pasupati Pusdiklatcab Buleleng,” ungkap Santika.

Kegiatan KML Pembina Pramuka yang berlangsung dengan materi dan praktek tersebut diharapkan menjadikan wahana Para Pembina Pramuka untuk meningkatkan kompetensi mereka sebagai Pembina Pramuka dan mampu mengemas Pendidikan Kepramukan yang lebih menarik, kreatif, Inovatif dan menyenangkan sesuai dengan nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Darma sehingga bisa memfasilitasi peserta didik yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dalam rangka membentuk Generasi Emas di Tahun 2045.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button