Politik

Pemilu 2024: Dugaan Pencoblosan 40 Surat Suara, Bawaslu Buleleng Kehilangan Jejak

Quotation:

Sampai saat ini tidak ditemukan,” ucap Ketua Bawaslu Bulelneg I Kadek Carna Wirata.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Kasus dugaan pencoblosan 40 surat suara di TPS 5 Kelurahan Banjar Bali, Buleleng, Bali, membuat Bawaslu Buleleng pusing tujuh keliling. Bepata tida? Hingga Rabu (21/2/2024) Bawaslu Buleleng belum berhasil mengungkap tindakan melawan prinsip-prinsip demokrasi itu.

Sekedar informasi, dugaan pencoblosan puluhan surat suara itu terjadi pada Rabu (14/2) lalu, oleh salah seorang simpatisan Pasangan Calon (paslon) presiden dan wakil presiden.

Peristiwa itu berbuntut pada pemukulan saksi partai Hanura, yang saat itu menegur simpatisan paslon saat melakukan pencoblosan itu.

Untuk diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng memutuskan melakukan penelusuran terkait dugaan itu selama lima hari, sejak Jumat (16/2/2024) sampai Rabu (21/2/2924).

Lalu apa hasilnya? Ketua Bawaslu Buleleng, I Kadek Carna Wirata mengaku dari hasil penelusuran, belum menemukan adanya indikasi yang mengarah ke pencoblosan puluhan surat suara di TPS 5 yang berada di SDN 2 Banjar Bali.

 

Bawaslu Buleleng, lanjut Carna, sudah mendapatkan keterangan dari pihak-pihak yang berkaitan dengan peristiwa itu.

“Sampai saat ini tidak ditemukan,” ucap Carna singkat saat dikonfirmasi pada Rabu (21/2/2024) sore.

Meskipun begitu, pihaknya memutuskan untuk merundingkan di internal Bawaslu Buleleng, terkait kelanjutan penelusuran peristiwa tersebut di TPS 5 Banjar Bali.

Mengingat informasi yang didapatkan ternyata cukup lemah untuk mengarah pada kebenaran dugaan pencoblosan puluhan surat suara.

“Kami masih diskusi terkait dengan informasi yang didapatkan dari beberapa pihak. Namun kami masih perlu mendiskusikan kembali untuk melanjutkan penelusuran untuk penambahan informasi atau tidak,” lanjut Carna.

Bawaslu Buleleng sebelumnya memutuskan melakukan penelusuran terkait peristiwa tersebut, setelah upaya penanganan melalui temuan dan laporan belum bisa didapatkan.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button