Politik

Pendidikan Politik: Hanura Undang KPU Buleleng Berikan Pemahaman Verifikasi Partai Politik

Singaraja, SINARTIMUR.com – DPC Partai Hanura Kabupaten Buleleng di bawah kepemimpinan Ir Gde Wisnaya Wisna terus bergeliat. Berbagai kegiatan digelar baik kegiatan sosial-kemanusiaan maupun pendidikan politik bagi kader-kadernya.

Seperti Minggu (3/10/2021) ini, DPC Partai Hanura Kabupaten berinovasi dalam kegiatan pendidikan politik bagi kader-kadernya kendati masih dalam masa pandemic Covid-19. Kali ini menggelar pendidikan politik bagi kader-kadernya menyongsong dilakukannya verifikasi partai politik menghadapi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Menariknya, Hanura Buleleng langsung menghadirkan KPU Buleleng sebagai narasumber pada kegiatan pendidikan politik tersebut. Kegiatan yang digelar di Sekretariat Partai Hanura,Jl. Dewi Sartika Utara 32A, Singaraja, Minggu (3/10/2021) pagi hingga siang hari itu bertajuk. “Membangun Kesadaran Berpolitik Masyarakat Untuk Suksesnya Verifikasi Partai” dengan narasumber Ketua KPU Buleleng Komang Dudick Udiana dan Komisioner KPU Divisi Teknik Gede Sutrawan itu diikuti 40 orang pengurus Hanura Kabupaten Buleleng.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Buleleng, Ir Gde Wisnaya Wisna, menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendidikan politik kepada kader-kader seperti pengurus DPC Partai Hanura Kabupaten Buleleng dan PAC se-Kabupaten Buleleng. “Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendidikan politik, khususnya kepada pengurus DPC dan PAC se-Kabupaten Buleleng,” jelas Wisnaya Wisna dalam press releasenya yang diterima media ini.

Wisnaya Wisna menunjuk situasi di masyarakat yang mengarah apatis pada partai politik, sehingga diperlukan pencerahan agar persoalan kepercayaan masyarakat kepada partai politik bisa kembali meningkat. “Hubungan masyarakat dengan partai politik sekarang ini berada pada titik nadir. Sebagai pengurus partai politik, wajib karena berada di garda depan untuk membangun kembali kesadaran berpolitik masyarakat,” tandas Wisnaya Wisna.

Apa pentingnya kepercayaan masyarakat bagi Hanura? “Jika sudah tumbuh kesadaran berpolitik masyarakat, maka akan berdampak pada keberhasilan verifikasi partai, karena partisipasi masyarakat sudah ada,” jawab Wisnaya Wisna.

Dipaparkan Wisnaya Wisna bahwa materi yang diberikan oleh KPU Kabupaten Buleleng terkait dengan wawasan dan update terkini terkait penyelenggaraaan Pemilu 2024. “Materinya seputar wawasan dan update terkini tentang penyelenggaraan Pemilu,” papar Wisnaya Wisna.

Wisnaya Wisna menambahkan, kegiatan pendidikan politik menjadi program rutin yang digelar partai yang dipimpinnya. “Dalam kegiatan ini kami juga mendorong teman-teman di partai untuk terus melakukan kerja-kerja politik dengan mendekatkan diri kepada masyarakat,” tandasnya.

Khusus untuk kehadiran KPU Buleleng kali ini, Wisnaya Wisna yang sudah dua kali duduk di DPRD Buleleng (2014-2019 dan 2019-2024) pun menyampaikan terimakasihnya karena paparan dari KPU membuat pengurus dan kader lebih mengetahui secara jelas update terkini, utamanya soal verifikasi partai.

”Dengan demikian setidaknya kami bisa mempersiapkannya lebih baik. Juga ada persamaan persepsi dan pemahaman untuk verifikasi partai di dalam kepengurusan partai,” pungkas Wisnaya

Sementara itu Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengapresiasi langkah cerdas yang ditempuh DPC Partai Hanura Kabupaten Buleleng ini. Dudhi mengaku, kesempatan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin mensosialisasikan hal-hal terkait verifikasi Parpol. “Kami sangat mengapresiasi undangan ini, karena mendapat kesempatan mensosialisasikan informasi yang berhubungan dengan verifikasi partai. Ada beberapa perubahan dibandingkan verifikasi partai sebelumnya,” ucap Dudhi. frs/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: