Daerah

Petugas Pemadam Kebakaran Harus Hadir In Time, Bukan Lagi On Time

Mangupura, SINARTIMUR.com – Demi mewujudkan wilayah Kabupaten Badung yang aman dari bahaya kebakaran,Rabu(19/01/2022) pagi bertempat di depan Wantilan Desa Sibang Gede jajaran Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung melakukan edukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bersinergi dengan masyarakat, perangkat Desa Sibang Gede, Babinkamtibmas, Linmas, FPRB, unsur Kecamatan Abiansemal, juga PKK Kabupaten Badung.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya, SE, M.Si, didampingi Kabid Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Kompyang Gede Wibawa S.Sos.M.Si, Kasi Penyuluhan Ni Luh Made Sugiarthi, SS.M.Hum dan Inspektur Damkar Nyoman Sugiarta

Menurut Kasi Penyuluhan Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, Ni Luh Made Sugiarthi, SS, M.Hum, di hadapan Laskar Sapu Geni Desa Sibang Gede bahwa edukasi pencegahan dan pelatihan seperti ini bukan hal sepele dan harus dikuasai oleh masyarakat.

“Edukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran seperti ini bukalah hal sepele.Memang kasus kebakaran tidak jarang mulai dari hal-hal kecil yang disepelekan namun berakibat amat fatal.Dan dengan memberikan pemahaman dan pelatihan,kita berharap kejadian kebakaran bisa diminimalisir sekaligus kerugian akibat dari peristiwa kebakaran bisa ditekan,” terang alumni SMPN 1 Abiansemal ini.

Sementara Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya, SE, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut memang diagendakan untuk menyasar semua kecamatan di Kabupaten Badung. “Kami dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung mengagendakan rute ke semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Badung mengikat kebakaran masih sering terjadi meskipun musim penghujan.Kenapa demikian? Karena di samping akibat keteledoran seperti api dupa,gas elpiji dan yang lain,juga tak jarang terjadi akibat petir dan konsleting listrik yang mana banyak instalasi kabel listrik rumah tangga yang sudah mulai usang yang sudah barang tentu rentan menimbulkan kebakaran.Nah,inilah yang perlu kami informasikan dan sosialisasikan sehingga bisa digetok-tularkan ke segmen masyarakat luas,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, S.Sos, yang langsung ikut mempraktekkan langkah-langkah pemadaman api juga memberi wejangan.

“Pesan Titiang selaku Camat, latihan sejenis ini harus rutin dilaksanakan sampai segmen masyarakat terdepan, mulai dari Karang Taruna, Yowana, Pecalang, PKK, Linmas dan seluruh komponen masyarakat. Hal ini Titiang katakan penting agar semua paham betul upaya- upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran minimal di rumah tangganya sendiri,dan selanjutnya ke sekup yang lebih luas,” jelas Camat Arimbawa.

“Astungkara, dengan sinergitas yang baik,kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan semoga betul- betul nantinya bermanfaat.Memang sinergitas ini sangat penting dan selalu diperlukan dalam berbagai kegiatan.Lebih- lebih yang sifatnya menyentuh kepentingan masyarakat.Sehingga kita hadir sebagai pelayan masyarakat yang tepat waktu,tepat sasaran.Bukan lagi hadirnya on time, tapi harus in time,” ungkap Camat Arimbawa lagi. asa/frs/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: