Olahraga

Porprov Bali XV: Resmi Dibuka, Gurbernur Koster Harap Ajang Porprov Bali Cetak Atlet Terbaik

Denpasar, SINARTIMUR.com –
Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV Tahun 2022 secara resmi telah dibuka oleh Gubernur Bali DR Ir I Wayan Koster, MM, ditandai dengan Penyerahan Obor Api Suci di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Denpasar, Minggu (20/11/2022).

Momen penting itu juga bertepatan dengan Hari Peringatan Puputan Margarana.

Dalam sambutannya, Gurbenur Koster menerangkan pelaksanaan Porprov kali ini merupakan restu alam bali dan karena situasi sudah kondusif mengingat penanganan Covid-19 yang suskes.

Selain itu, kata dia, kondisi pariwisata Bali dan pulihnya ekonomi untuk Bali menjadi faktor pendukung pelaksanaan Porprov yang digulirkan tahun ini.

Mantan anggota DPR RI tiga periode itu merasa bangga dengan total peserta mencapai 6.000 orang lebih dengan mempertandingkan 41 Cabang Olahraga (Cabor) dan menekankan bukan hanya banyak cabor dipertandingkan, tapi menghasilkan atlet-atlet terbaik untuk ajang nasional dan internasional, terutama dalam menuju sport tourism.

“Atlet juara olimpiade itu dilahirkan melalui tahapan panjang salah satunya lewat ajang Porprov, harapannya atlet Bali nantinya menjadi tulang punggung nasional di berbagai ajang internasional,” tandad Gubernur Koster.

Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng itu berharap peringkat ke-5 yang diraih oleh Bali saat PON Papua XX lalu agar tetap dipertahankan, bila Bali perlu naik level menjadi peringkat ke-4.

“PON yang akan datang tahun 2024 minimal bisa mempertahankan peringkat yang ke-5, atau kalau perlu bisa naik ke peringkat yang ke-4. Inilah yang harus diusahakan bersama, menjalani penuh keseriusan, komitmen, serta cita-cita dengan penuh kekompakan,” ujar Gubernur Koster.

Gubernur Koster juga meminta Porprov tahun ini menghasilkan juri dan wasit terbaik untuk menyambut event olahraga di tingkat nasional maupun internasional.

“Yang terpenting adalah kita mampu melahirkan prestasi terbaik, menghasilkan atlet-atlet terbaik, menghasilkan juri dan wasit terbaik yang kita persiapkan dalam event nasional maupun internasional di masa yang akan datang,” harap Gubernur Koster.

Sementara itu, ditemui usai kegiatan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengapresiasi kerja keras dari atlet Gumi Panji Sakti yang sementara sudah menduduki posisi ketiga pada klasemen raihan medali di ajang Porprov. Bentuk apresiasi tersebut dengan menaikan bonus bagi para atlet dari tahun sebelumnya.

“Bonus ini akan menjadi motivasi pada atlet dalam meraih juara,”ucapnya.

Lihadnyana menyebutkan jika pemilihan Cabor yang berpotensi bisa dipertandingkan dan menghasilkan prestasi selalu diperhatikan, dan untuk langkah berkelanjutan atlet yang berprestasi tersebut bonusnya akan diprioritaskan, termasuk dengan proses pembinaannya.

Masih ditempat yang sama, Ketum Koni Buleleng I Ketut Wiratmaja mengungkapkan kebanggaannya kepada patriot olahraga yang sedang berjuang demi Gumi Panji Sakti, dan mengatakan bonus untuk atlet nantinya bisa menjadikan para atlet lebih semangat dalam meraih prestasi gemilang di ajang Porprov.

“Nah kita masyarakat Buleleng terutama patriot olahraga yang sedang berkompetisi, harus meningkatkan semangatnya 100 kali lipat lagi,”pungkasnya.

Sebelumnya para atlet dari 9 kabupaten/kota terdiri dari Kontingen Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Bangli, Klungkung, Karangasem, Buleleng dan Jembrana melakukan defile dan menampilkan pertunjukan kesenian dan yel-yel di panggung Porprov Bali XV tahun 2022. (frs)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: