Pendidikan

Rakordikpora Buleleng: Kadisdikpora Astika Janji Bangun Dikpora Merata di Buleleng

Quotation:

Rakordikpora kali ini menjadi sebuah komitmen bagi kami untuk memantapkan Rapor Pendidikan Daerah sebagai indikator dalam perencanaan dan pemenuhan SPM urusan pendidikan tahun 2025,” ucap Kadisdikpora Astika.

Singaraja, SINARTIMUR.com – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Bali, menggelar Rapat Koordinasi Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Rakordikpora) Penyusunan Rencana Kerja Disdikpora Buleleng Tahun 2025 di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Selasa (2/4/2024).

Rakordikpora itu dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Buleleng, Bali, Made Astika. Dalam sambutannya Kadisdikpora Astika menyatakan bahwasan melalui gelaran Rakordikpora seluruh peserta agar berpartisipasi aktif memberikan masukan/inovasi dalam penyusunan rencana kerja Disdikpora Buleleng Tahun 2025, sehingga dapat menjadi komitmen bersama dalam membangun dunia pendidikan, olahraga dan kepemudaan secara merata di Kabupaten Buleleng.

Kadis Astika menerangkan, Rakordikpora ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir atau aspirasi dari berbagai stakeholder atau pemangku kepentingan seperti guru, kepala sekolah, komunitas pendidikan, instansi pemerintah dan lembaga swasta/perusahaan dalam mendukung pembangunan pendidikan, kepemudaan dan keolahragaan yang berkualitas.

Dengan demikian, sambung dia, kegiatan ini menjadi cerminan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip-prinsip partisipatif, demokratis, transparansi serta perencanaan yang terintegrasi.

“Rakordikpora kali ini menjadi sebuah komitmen bagi kami untuk memantapkan Rapor Pendidikan Daerah sebagai indikator dalam perencanaan dan pemenuhan SPM (standar pelayanan minimal, red) urusan pendidikan tahun 2025. Sehingga nanti menjadi referensi utama sebagai dasar analisis bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan di daerah dalam merancang program dan kegiatan sesuai prioritas SPM,” terangnya.

 

Sementara itu, dalam laporannya Sekretaris Disdikpora Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Rakordikpora kali ini adalah untuk menyamakan persepsi pemangku kepentingan pendidikan, olahraga dan kepemudaan di Kabupaten Buleleng tentang berbagai kebijakan dengan skala prioritas dalam rangka meningkatkan koordinasi, konsulidasi dan penyususnan strategi percepatan implementasi di bidang pendidikan, olahraga dan kepemudaan. Sehingga menjadi penting mengundang seluruh kepala sekolah jenjang Pendidikan TK, SD sampai dengan SMP se- Kabupaten Buleleng dan juga SKPD terkait penyusunan rencana kerja Disdikpora Buleleng.

“Kami berupaya keras untuk meningkatkan program sekolah penggerak, transfomasi digital dan juga implementasi satuan pendidikan anti korupsi. Nah untuk mempercepat terwujudnya peningkatan ini, kami meminta semua berperan aktif dan berkolaborasi sesuai dengan kewenangannya masing-masing,” ujar Sekdis Surya Bharata.

Ditambahkan, kegiatan Rakordikpora yang berlangsung selama dua hari ini diharapkan menghasilkan program-program inovasi cemerlang dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, kepemudaan dan olahraga di Kabupaten Buleleng. Terlebih jumlah penduduk Buleleng merupakan terbanyak di Bali, Sekdis Surya Bharata meyakini kondisi itu menjadi bonus bagi pemerintah daerah dalam mengelola potensi-potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi di bidang olahraga. Begitupun dengan pemuda, akan lebih diberdayakan peran serta pemuda dalam pembangunan melalui gerakan pemuda pelopor.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button