Polri

Satlantas Polres Buleleng Sikat 50 Pemotor Berknalpot Brong

Quotation:

Kami tak hanya berhenti saat malam Minggu saja, tetapi kami terus gencar bila ketemu yang knalpot brong langsung tindak tegas dengan tilang,” ucap Kasatlantas Polres Buleleng AKP Bachtiar Arifin.

Singaraja, SINARTIMUR.com -Lantaran menjadi perhatian nasional, pemotor dengan knalpot brong kini harap-harap cemas. Pasalnya, Satlantas Polres Buleleng, Bali, tengah gencar memburu motor-motor dengan knalpot yang keras dan memekikan telinga.

Kasatlantas Polres Buleleng, AKP Bachtiar Arifin, menyebutkan pihaknya berhasil mengamankan 39 pemotor berknalpot brong pada Sabtu (13/1/2024). Dalam melakukan operasi, Satlantas Polres Buleleng berjaga di tiga titik, yakni titik barat di wilayah Pantai Penimbangan dan Jalan A.Yani, titik tengah di Kota Singaraja, dan titik timur di wilayah Kelurahan Penarukan.

“Dari hasil operasi, kami mengamankan 39 kendaraan berknalpot brong. Totalnya selama dua pekan di Januari 2024 ini sudah sebanyak 50 knalpot brong kami amankan,” jelas AKP Bachtiar, Selasa (16/1/2024) siang.

Penindakan ini, kata AKP Bachtiar, bukan sebagai formalitas semata meskipun ada instruksi dari Mabes Polri, tetapi sebagai tindak lanjut laporan masyarakat ke Polres Buleleng mengenai bisingnya knalpot brong yang melintas di jalan-jalan Kabupaten Buleleng.

Selain itu, sebagai upaya menciptakan situasi kondusif. Mengingat knalpot brong juga dapat berpotensi sebagai akar dari ketersinggungan yang berujung masalah maupun tindak kriminal. Apalagi saat ini masuk dalam tahun politik.

 

“Kami tak hanya berhenti saat malam Minggu saja, tetapi kami terus gencar bila ketemu yang knalpot brong langsung tindak tegas dengan tilang,” lanjut Kasatlantas Polres Buleleng itu.

Sebagai efek jera, pasca ditilang, knalpot brong akan diamankan bahkan dimusnahkan dengan cara dipukul. Bila ingin mengambil motornya, pemilik harus mengganti knalpotnya dengan standar dari pabrik.

Kata dia, polisi juga memanggil orangtua korban agar mengawasi perilaku anak-anaknya agar tidak kembali melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban umum.

“Untuk sementara kami masih lakukan penindakan di wilayah Kota Singaraja saja. Tetapi kami akan bergerak menyasar wilayah-wilayah di Kabupaten Buleleng dari Gerokgak sampai Tejakula, sehingga penggunaan knalpot brong dapat berkurang,” sambungnya lagi.

Disinggung mengenai nasib hasil sitaan knalpot brong, AKP Bachtiar mengaku akan memikirkan langkah ke depan. Tetapi tidak menutup kemungkinan knalpot brong sitaan itu akan dijadikan kreasi seperti yang dilakukan Sat Lantas Polres Pati yang membuat tugu ikan bandeng.

Writer: Francelino
Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button