SENI BUDAYA

Dokter Caput Disanjung dan Dipuji Para Seniman

Saat Lepas Kontingen Seni Goak ke PKB XLVI di Pura Pajenengan Panji Sakti

Quotation:

Saya melihat sosok figur seorang Dr Caput ini layak kita jadikan pioner ke depan bahwasannya kita perlu tokoh atau pemimpin-pemimpin yang peduli pada seni budaya, yang peduli akan sejarah-sejarah apa yang dimiliki oleh Buleleng,” ucap Ketua Umum Komunitas Bala Goak, Gusti Putu Agus Putrayasa.

Panji, SINARTIMUR.com – DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, disanjung dan dipuji-puji para seniman di Buleleng yang tergabung dalam Komunitas Bala Goak Desa Panji dan Sekaa Gong Kebyar Desa Tukadmungga, Buleleng, Bali.

Pujian dan sanjungan itu disampaikan para seniman saat tokoh yang akrab disapa Dokter Caput yang juga Ketua BMI Buleleng itu melepas Kontingen Seni Bala Goak ke Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 di Denpasar. Upcara pelepasan tim Seni Bala Goak dipusatkan di Pura Pajenengan Panji Sakti di Desa Panji, Rabu (19/6/2024) malam. Seni Bala Goak Desa Panji, Kecamatan Sukasada, yang akan tampil di PKB XLVIdi Denpasar Jumat tanggal 21 juni 2024.

Pujian itu dilontar atas rasa cinta dan kepedulian Dokter Caput yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng itu terhadap seni budaya Buleleng sangat luar biasa. Tokoh yang juga salah satu calon buapti Buleleng dari PDI Perjuangan itu selalu mendukung setiap kegiatan seni budaya di bumi panji sakti itu.

Ketua Umum Komunitas Seni Bala Goak Desa Panji, Gusti Putu Agus Putrayasa, secara terus terang mengakui bahwa kepedulian dan perhatian Dokter Caput sangat tinggi terhadap kegiatan seni yang digelar Komunitas Seni Bala Goak.

Maka itu ia mengundang Dokter Caput yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng untuk melepas Kontimen Seni Bala Goak yang akan tampil di arenaPKB XLVI di Denpasar.

 

“Hari ini saya secara pribadi mengundang Dokter Caput bukan karena apa, karena yang berperan penting atau yang sering mendukung kami dalam segala kegiatan Komunitas Bala Goak Panji adal beliau, Ini yang pertama. Yang kedua, saya melihat sosok figur seorang Dr Caput ini layak kita jadikan pioner ke depan bahwasannya kita perlu tokoh atau pemimpin-pemimpin yang peduli pada seni budaya, yang peduli akan sejarah-sejarah apa yang dimiliki oleh Buleleng. Itu alasan saya mengundang bapak Dokter Caput melepas Kontingen Bale Ganjur yang mewakili Buleleng dalam lomba PKB tanggal 21 Juni 2024,” tegas Gusti Agus.

“Yang nanti ikut ke PKB 50 orang. Kekuatan kita penuh dengan semangat Ki Barak Panji Sakti. Saya juga minta doa dari masyarakat Buleleng mari kita bersama arerna PKB menjadikan sejarah baru tentabng kebangkitan Anglurah Ki Barak Panji Sakti melalui generasi muda yang prestasinya bisa kita wujudkan melalui seni bale ganjur atau seni-seni lainnya,” pintanya.

Pada kesempatan itu Dokter Caput memberikan semangat kepada Tim Seni Bala Goak agar tampil optimal di arena PKB. Dokter Caput pun meminta genera muda untuk tidak melupakan seni budaya yang diwariskan para leluhur.

“Saya diundang Komunitas Bala Goak untukmelepas tim seni kita Bala Goak yang akan tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB) pada tanggal 21 Juni, danjuga tampil tim seni sekaa Gong Kebyar Tukadmungga. Ini luar biasa sekali karena yang kita hadirkan adalah seni budaya asli Buleleng. Bagaimana perjalanan Ki Barak Panji. Dan saya menyaksikan langsung, saya terharu, luar biasa karya seni ini dari anak-anak Buleleng. Anak Buleleng yang memberikan sebuah seni yang bisa kita maknai sebagai sebuah perjalanan yang sangat panjang dari Raja kita pendiri Buleleng, yaitu Ki Barak Panji Sakti,” ujar Dokter Caput.

“Harapan saya tentunya, generasi-generasi muda untuk ke depannya jangan sekali-kali melupakan akar budaya kita. Berpikir global tetapi bersikapkita tetap harus lokal berakar atas seni dan budaya yang ada di Buleleng yang kaya sekali akan filosofi-filosofi hidup yang harus kita maknai bersama,” paparnya lagi.

Kandidat kuat Cabup Buleleng dari PDI Perjuangan mengapresiasi generasi muda Desa Panji yang tetap setia berkesenian memelihara seni budaya yang dilahirkan dari Bumi Panji Sakti itu. Ia juga meminta semua pihak untuk mendukung kreativitas seni anak-anak muda ini.

“Saya mengapresiasi sekali anak-anak muda kita Buleleng yang dengan berkegiatan seni seperti ini yang harus disupport, harus didukung oleh segala pihak, dari pengambil kebijakan, kelompok masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat. Hal-hal inilah yang harus kita dukung, karena dar sinilah terbentuk anak-anak muda kita yang berkarakter, karakter yang berbasis akar budaya kita khususnya Buleleng memiliki akar budaya yang sangat luar biasa,” puji Dokter Caput.

Sementara itu Perbekel Tukadmungga Kadek Surya Darmawan menyatakan desanya dipercaya mengirim Sekaa Gong Kebyar Dewasa yang berkekuatan 120 personil.

Perbekel Surya Darmawan menceritakan bahwa tim Sekaa Gebyar Dewasa Tukadmungga akan membawa fragmentari tentang kisah perjalanan anglurah ki barak panji sakti.

Dua tim seni dari Desa Panji dan Desa Tukadmungga ini mewakili Kabupaten Buleleng tampil di Pesta Kesenian Bali XLVI Tahun 2024 Di Denpasar. Seni Bala Goak berkekuatan 50 penari akan Tampil pada tanggal 21 Juni 2024 dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa Desa Tukadmungga akan tampil pada tanggal 22 Juni 2024 di Denpasar.

Writer/Editor: Francelino

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button