Pendidikan

Pertama di Bali, ISI Denpasar Pilih Jembrana Jadi Mitra Sekolah Percontohan

Negara, SINARTIMUR.com – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar memilih Kabupaten Jembrana untuk melaksanakan penerapan interaksi ruang belajar tematik berbasis teknologi digital yang merupakan program sistem pembelajaran terbarunya di Bali.

Kegiatan yang dipimpin Ketua Penelitian ISI Denpasar Dr. I Nyoman Larry Julianto ini dimaksudkan untuk meningkatkan semangat belajar dan motivasi anak sekolah terutama anak ditingkat sekolah dasar (SD).

Kali ini, ISI Denpasar memilih Sekolah Dasar Negeri 1 Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, sebagai mitra penelitiannya yang pertama di Bali.

Program tersebut mendapat apresiasi langsung dari Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna. Ia menyebutkan, ISI Denpasar telah menemukan metode baru yakni sebuah audio visual dan intetaksi visual.

“Ini bisa meningkatkan minat belajar dan penyerapan materi belajar ksususnya anak – anak sekolah dasar. Setelah minat itu muncul akan ada penyerapan materi-materi jauh lebih baik yang akan diserap oleh anak – anak,” ungkap Wabup Patriana Krisna yang akrab disapa Ipat, Sabtu (20/8/2022).

Wabup Ipat juga berharap, untuk kedepannya dengan adanya metode seperti ini akan membuat minat belajar anak-anak kedepannya semakin baik, dan melalui program ini juga bisa mencerdaskan anak bangsa.

Sementara itu, Ketua Penelitian I Nyoman Larry Julianto menjelaskan, program ini merupakan program penelitian penerapan kompetitif nasional yang akan berjalan selama tiga tahun kedepan. “Ini merupakan tahun pertama yang menghasilkan ruang belajar tematik dalam keterlibatan ilustrasi dan audio,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut ia mengaku untuk menjalankan program ini, pihaknya hanya membutuhkan satu mitra dari beberapa sekolah percontohan, dan kali ini pihaknya memilih SDN 1 Baler Bale Agung.

“Kalau data sebelumnya itu hampir seluruh Bali, tapi untuk penerapannya dipilih kepada salah satu mitra. Ini merupakan pertama di Bali dan kami memilih Kabupaten Jembrana,” pungkas Larry Julianto. (ang/frs)

  Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button